Rabu, 27 Februari 2013

CARA PEMASTERAN BURUNG

MEMASTER BURUNG KENARI
 
Irama lagu yang dimiliki burung memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung berkicau. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

Memilih suara-suara master untuk burung andalan kita janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.

Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.

Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran. Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung.

Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).

1. Burung kenari yang akan dimaster sebaiknya mempunyai usia yang relatif muda (25 hari-70 hari) karena dalam fase inilah burung kenari muda akan secara intensif beradaptasi dan belajar suara/lagu di sekelilingnya.

2. Dilakukan pada saat burung istirahat (siang hari setelah mandi-jemur dan pada malam hari).

3. Kandang burung atau sangkar burung sebaiknya dikerodong (harus). Dalam keadaan dikerodong burung-burung yang akan di master menjadi tenang sehingga burung lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan materi suara-suara Master yang diperdengarkan.

4. Volume materi suara master yang diperdengarkan sebaiknya jangan terlalu besar, kecil saja tetapi jelas terdengar dan hanya boleh memaster satu persatu materi suara master atau materi suara isian. Jangan memperdengarkan lebih dari satu suara isian pada waktu yang bersamaan, karena akan membuat burung tersebut menjadi bingung dalam merekam suara master. Sebaiknya setelah isian yang satu berhasil direkam atau ditiru oleh burung berkicau anda, barulah kemudian dimaster dengan isian yang lainnya.

5. Materi suara master akan bisa direkam dan ditirukan oleh burung anda dalam waktu kurang lebih 3 minggu, bahkan bisa lebih cepat lagi tergantung pada kecerdasan masing-masing burung.

1 komentar:

  1. Surga Kenari | Surganya Jual-Beli Kenari!

    CV. MAJU BERSAMA - Pengerajin Sangkar Burung (Solo) & Penangkaran Bandung Kenari. Jual Segala Jenis Kenari & Sangkar Burung.

    Melayani Harga Partai & Eceran.

    List Ready Stock : http://surgakenari.blogspot.com/

    Alamat Penangkaran: Jl. Pinang No.29. Rt/Rw 08/06. Kecamatan Koja. Kelurahan Lagoa. Jakarta Utara 14270.

    Petunjuk Arah: Tol Yossudarso arah pelabuhan Tg. Priok, turun prapatan pemadam kebakaran atau SMP N 30, lewat pasar rawa badak dan ikuti mobil angkot kwk 07 warna merah -/+ 400m sampai di Jl. Pinang No.29 (depan masjid nurud dakwah ada Indomaret pinang raya).

    Google Map: http://goo.gl/DOW38O

    Kontak: (SMS) 0219 4044 791 | (TELP) 0813 8351 8844

    Blog: http://surgakenari.blogspot.com

    YM: isnannugrahlastiko

    FB: fb.com/surganyakenari

    G+: gplus.to/SurgaKenari

    BalasHapus